Peningkatan Digitalisasi Pembelajaran SD melalui Komunitas Belajar

Penulis

  • Yadi Institut Teknologi Pagar Alam Penulis
  • Shola Arsyad Universitas Bina Darma image/svg+xml Penulis

Kata Kunci:

Digitalisasi, Pembelajaran, Komunitas belajar

Abstrak

Digitalisasi dalam pembelajaran membawa dampak yang sangat baik bagi para peserta didik hal ini menjadi salah satu motivasi agar peserta didik memiliki minat untuk belajar menjadi semakin baik, pengetahuan pendidik harus terus di tingkatkan terlebih pada penguasaan teknologi. Berbagai macam media interaktif dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, akan tetapi kondisi saat ini masih banyak pendidik yang belum seutuhnya memanfaatkan media interaktif sebagai strategi pendekatan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepadamasyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan digitalisasi pembelajaran di tingkat SD melalui pendekatan kolaboratif melalui komunitas belajar, dalam kegiatan ini pendekatan kolaboratif sangat bermanfaat bagi guru dalam meningkatkan digitalisasi proses pembelajaran di kelas. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup workshop, pelatihan dan pembentukan kelompok diskusi serta evaluasi yang dilakukan untuk mengukur peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan partisipasi aktif dalam komunitas belajar. Hasil dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat SD melalui penerapan teknologi dan kolaborasi antar berbagai pihak terkait melalui komunitas belajar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Ainslee, J. (2018). Digitalization Of Education In The 21st Century. Retrieved April 20, 2022, from https://elearningindustry.com/digitalization-of-education-21stcentury/amp

Amarulloh, A., Surahman, E., & Vita, M. (2019). Digitalisasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Dampak Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11, 1–10.

Amir, M., Muris, & Arsyad, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 11(3), 202–213. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/JSdPF/article/view/1756

Aprilia, S. R., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Mutiara 5 Lembang pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2029–2039. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.706

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penellitian, Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran SD/MI (D. N. Ariani, Ed.). Semarang: CV Graha Edu.

Bella, R. M., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1729–1738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.375

Johnson, A., & Smith, J. (Tahun). "The Role of Community of Practice in Enhancing Digital Literacy in Primary Education." Journal of Educational Technology, 15(2), 123-135.

Brown, R., & Williams, B. (Tahun). "Digital Learning Communities: Strategies for Effective Collaboration and Knowledge Sharing." International Journal of Primary Education, 8(3), 45-58.

Garcia, M., & Martinez, L. (Tahun). "Building a Learning Community: Strategies and Challenges in Digital Education." Journal of Educational Technology and Society, 20(4), 567-580.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-07