Sosialisasi Pengenalan Media Interaktif Berbasis Web Sebagai Media Ajar Siswa Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Media Interaktif,, Web,, Pembelajaran Dasar,, Guru,, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang besar bagi peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya melalui pemanfaatan media interaktif berbasis web. Namun, pada tingkat sekolah dasar, pemanfaatan teknologi sebagai media ajar masih terbatas karena kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi guru dalam menggunakan media interaktif berbasis web sebagai pendukung proses pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 122 Kota Palembang melalui tahapan observasi, pelatihan, pendampingan, monitoring, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pengetahuan guru. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 50,1 meningkat menjadi 81,1 pada posttest, sehingga terdapat peningkatan kompetensi sebesar 31 poin. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan yang diberikan sangat efektif dalam memperkuat kemampuan guru dalam memanfaatkan media interaktif berbasis web. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung pembelajaran yang lebih inovatif, menarik, dan sesuai dengan tuntutan era digital.
Unduhan
Referensi
[1] A. Supriyadi, N. Firdaus, F. Yusfida, and H. Hartatik, “Literasi Data dan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Artificial Intelligence bagi Pengajar SMA Negeri 2 Surakarta,” Indones. J. Community Serv., vol. 6, no. 2, p. 201, 2024, doi: 10.30659/ijocs.6.2.201-208.
[2] S. R. K. Jatilinuar and I. Widyastuti, “Pengembangan website berbasis Google Site sebagai media pembelajaran blended learning Karawitan melalui fitur interaktif,” INOTEKS J. Inov. Ilmu Pengetahuan, Teknol. dan Seni, vol. 27, no. 1, 2023, doi: 10.21831/ino.v1i2.64384.
[3] G. Manoi and R. H. Soesanto, “Stimulus Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Stimulating The Activeness Of Students Through The Implementation Of Interactive Media In Online Mathematics Learning],” JOHME J. Holist. Math. Educ., vol. 6, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.19166/johme.v6i1.4602.
[4] M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
[5] P. N. Sari and M. Salehudin, “Peran Teknologi AI PAUDPEDIA sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Literasi Digital Anak Usia Dini di TK ABA 3 Samarinda,” Educ. J. Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, vol. 9, no. 3, pp. 169–179, 2024, doi: 10.21462/educasia.v9i3.279.
[6] D. A. Dewi, Y. Yunarti, T. Mulyati, and R. Wahid, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pkn Berbasis Multimedia Interaktif Mobile Learning Dalam Mengembangkan Literasi Kewarganegaraan Siswa,” Nat. J. Kaji. dan Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 1610–1617, 2023, doi: 10.35568/naturalistic.v7i2.3363.
[7] J. Kardo, A. J. Patandean, and S. Bahri, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa UPT SDN 25 Mengkendek,” Bosowa J. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 126–130, 2024, doi: 10.35965/bje.v5i1.5318.
[8] D. Amalia, “Optimalisasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini melalui Pemanfaatan Media Gawai,” Tinta Emas J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2023, doi: 10.35878/tintaemas.v2i1.743.
[9] H. Hardianto and A. Pongsimpin, “Aplikasi Sebagai Media Interaktif Pengenalan Aksara Lontara dan Budaya Bugis Berbasis Flash,” J. Literasi Digit., vol. 2, no. 1, pp. 66–71, 2022, doi: 10.54065/jld.2.1.2022.117.
[10] Z. Faradisa, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar,” e-jurnal Inov. Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 11, no. 3, pp. 645–656, 2023, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v11i3
[11] L. Kester and J. J. G. van Merriënboer, “Implications of the Four Component Instructional Design Model for Multimedia Learning,” Cambridge Handb. Multimed. Learn., pp. 100–120, 2021, doi: 10.1017/9781108894333.011.
[12] Amaliah, “Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Tematik melalui Bimbingan Teknis Media Pembelajaran di SD Negeri Cipayung Sukmajaya Kota Depok,” Formosa J. Appl. Sci., vol. 1, no. 5, pp. 849–862, 2022, doi: 10.55927/fjas.v1i5.1605.
[13] S. Susanti, M. D. Bahtiar, L. Hakim, and A. Arif, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Akuntansi Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Articulate Storyline,” J. KARINOV, vol. 7, no. 1, p. 24, 2024, doi: 10.17977/um045v7i1p024.
[14] A. Wahyudi, T. Muflihah, T. P. Andriani, and A. Setiawan, “Penguatan Literasi Digital Melalui Alih Tekhnologi Program Kampus Mengajar di SD Al Mufidah Surabaya,” J. Abdimas Adpi Sos. dan Hum., vol. 3, no. 3, pp. 346–353, 2022, doi: 10.47841/jsoshum.v3i3.219.
[15] F. Fajrianti, D. A. Ridzal, and S. H. Kaif, “Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa SDN 111 Buton melalui Penggunaan Media Pop Up Book,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 12, pp. 3628–3632, 2024, doi: 10.59837/jpmba.v1i12.760.
[16] T. Triningsih, S. Syahroni, and J. Jamilah, “Peningkatan Inovasi Guru Sd Melalui Penguatan Literasi Teknologi Untuk Menunjang Pembelajaran Abad 21,” Maj. LONTAR, vol. 34, no. 3, pp. 86–97, 2022, doi: 10.26877/ltr.v34i3.14273.
[17] M. Afifulloh and M. Sulistiono, “Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual,” Wikrama Parahita J. Pengabdi. Masy., vol. 7, no. 2, pp. 211–216, 2023, doi: 10.30656/jpmwp.v7i2.5346.
[18] V. N. Ansas, A. Azizah, and A. Widyana, “Penguatan Literasi Digital Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Guru Bahasa Asing Di Wilayah Sukabumi Guna Menghadapi Situasi Pembelajaran Pasca-Pandemi,” Dimasatra, vol. 3, no. 1, pp. 43–54, 2023, doi: 10.17509/dm.v3i1.55266.
[19] M. I. Rusdi, D. Prasti, and R. Rasyid, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Kelas VII SMPN 3 Bone-Bone,” J. Literasi Digit., vol. 2, no. 3, pp. 168–175, 2023, doi: 10.54065/jld.2.3.2022.223.
[20] M. Sipan, A. E. Jayati, and P. Muliandi, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bagi Guru Di Sdn 01 Pomah Klaten,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 3, p. 1261, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i3.10400.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yadi Yadi, Distiliana Distiliana, Hardiyanti Hardiyanti (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





