PENGUATAN LITERASI DIGITAL MELALUI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MURID BARU DI KABUPATEN MUSI RAWAS
Kata Kunci:
Literasi Digital, Sistem Informasi, Penerimaan Murid Baru, Pengabdian kepada masyarakat, Musi RawasAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital pihak sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Musi Rawas dalam mengoperasikan sistem informasi Penerimaan Murid Baru (PMB) berbasis web. Sistem ini merupakan hasil pengembangan sebelumnya yang telah disesuaikan peraturan pemerintah dengan kebutuhan lokal sekolah. Permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya literasi digital tenaga kependidikan, yang menyebabkan pemanfaatan sistem belum berjalan optimal. Metodologi kegiatan mencakup beberapa tahapan, yaitu sosialisasi sistem, pelatihan teknis, pendampingan implementasi di lapangan, serta evaluasi berbasis pre-test dan post-test. Selain itu, pendekatan mixed-method diterapkan untuk memperoleh gambaran utuh mengenai perubahan kompetensi peserta, melalui instrumen kuantitatif (kuesioner dan uji literasi digital) dan data kualitatif (diskusi dan observasi partisipatif). Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam literasi digital peserta, dengan rata-rata skor pre-test sebesar 58,4 meningkat menjadi 84,1 pada post-test, serta penurunan standar deviasi dari 9,1 menjadi 7,8 yang mencerminkan pemerataan kemampuan. Peningkatan ini mencakup aspek pengetahuan dasar digital, keterampilan operasional sistem, dan sikap positif terhadap teknologi. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil memperkuat kesiapan digital sekolah dalam mendukung tata kelola penerimaan murid baru yang lebih efisien, transparan, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi informasi.
Unduhan
Referensi
[1] M. Faid, N. J. Setiawan, dan Y. R. Alfiandri, “Pengembangan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Waterfall untuk Meningkatkan Efisiensi Pendaftaran Development of an Information System for Admission of New Students Using Waterfall to Increase the Efficiency of Registration,” J. Bumigora Inf. Technol., vol. 6, no. 2, hal. 183–190, 2024.
[2] A. Y. Saputra dan Primadasa, “Penerapan Metode MOORA Dalam Pemilihan Sekolah Dasar,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, hal. 305–312, 2019.
[3] J. R. L. Simbolon dan S. M. U. A. Lestari, “Efektivitas Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Online dalam Meningkatkan Transparansi dan Mutu Layanan Pendidikan Effectiveness of the Online New Student Admissions System ( PPDB ) in Increasing Transparency and Quality of Education Services,” JIIC J. INTELEK Insa. CENDIKIA, vol. 2, no. 5, hal. 8514–8521, 2025.
[4] K. RI, PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2025 TENTANG SISTEM PENERIMAAN MURID BARU. 2025, hal. 2–10.
[5] BPS Musi Rawas, Musi Rawas Dalam Angka Dalam Angka. Muara Beliti: BPS Kota Lubuk Linggau, 2025.
[6] H. Hutrianto dan B. Tujni, “Geographic Information System for Schools Mapping in Tugumulyo District, Musi Rawas Regency,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 1, no. 2, hal. 98–106, 2019.
[7] D. Rosada, R. Yoseptry, A. Suryanto, dan S. Trenggana, “OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH ( TAS ) DALAM KOMPETENSI TEKNIS Universitas Islam Nusantara , Indonesia PENDAHULUAN Tenaga Administrasi Sekolah ( TAS ) memainkan peran strategis dalam mendukung efektivitas dan efisiensi manajemen,” Edusaintek J. Pendidikan, Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, hal. 428–448, 2025.
[8] D. A. Syafitri, “Menghadapi Tantangan Digital: Peran Literasi Digital Dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” WISSEN J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 2, no. 2, hal. 145–156, 2024.
[9] Abdurahman, Abd Wahab Syahroni, dan Sukron Ma’mun, “Manajemen Pelayanan Sekolah Dasar Berbasis Digital,” Din. Gov. Ilmu Adm. Negara, vol. 7, no. April, hal. 64–81, 2024.
[10] Murhadi dan Ponidi, “Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi,” J. INTEK, vol. 3, no. 1, hal. 62–69, 2020.
[11] A. Angelina, C. Yandhika, C. L. Hartanto, M. Graciela, dan A. Farisi, “Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis tentang Metode Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Berbasis Web,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, hal. 181–192, 2024.
[12] M. R. Putra dan S. Rahayu, “Konseptualisasi Model Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 2, hal. 27652–27657, 2024.
[13] P. G. Subhaktiyasa, “Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 9, no. 4, hal. 2721–2731, 2024.
[14] N. Azizah, K. Rifai, M. Herlina, Y. Nurhadryani, dan R. Agustina, “Literasi Digitalisasi Data untuk Mengatasi Kesenjangan Digital di Masyarakat Pedesaan di Desa Dayeuhkolot , Subang,” Empower. J. Pengabdi. Masy., vol. 07, no. 03, hal. 285–291, 2024.
[15] B. Yeblo, E. Guido, F. Gratianerashita, dan A. U. Bani, “PENGELOLAAN DATA BERITA PADA APLIKASI,” PUNDIMASWID, vol. 3, no. 2, hal. 13–20, 2025.
[16] E. Kurniadi, T. Mayasari, J. Handhika, F. Huriawati, P. M. Hudaa, dan J. Aritonang, “Pelatihan Penggunaan Teknologi Digital Guna Meningkatkan Penguasaan Materi Dan Literasi Digital Pada Guru Fisika,” J. Terap. Abdimas, vol. 9, no. 2, hal. 148, 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Arie Saputra, Efan Efan (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.