Penguatan Pembelajaran Berbasis Digitalisasi Bagi Guru Dalam Meningkatkan Inovasi Pembelajaran
Kata Kunci:
Digitalisasi, Pembelajaran, Kompetensi Guru, Transformasi Digital, Teknologi PendidikanAbstrak
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Digitalisasi pembelajaran menjadi sebuah inovasi yang harus direspons secara adaptif oleh para pendidik, terutama guru sebagai ujung tombak proses pembelajaran. Kegiatan ini sebagai upaya dalam penguatan pembelajaran berbasis digitalisasi bagi guru dalam rangka meningkatkan inovasi pembelajaran di era transformasi digital. Inovasi pembelajaran tidak hanya menyentuh aspek media dan teknologi, tetapi juga mencakup pendekatan, strategi, dan model pembelajaran yang mampu menjawab kebutuhan belajar peserta didik abad ke-21.Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui beberapa tahap diantaranya identifikasi kebutuhan, perencanaan materi, pelaksanaan pelatihan, evaluasi dan tindak lanjut. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terlaksana menunjukkan bahwa penguatan kompetensi digital guru secara berkelanjutan berdampak positif terhadap kreativitas dan fleksibilitas dalam merancang kegiatan belajar yang interaktif, kolaboratif, dan berpusat pada siswa. Selain itu, penguatan ini juga mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif dan adaptif terhadap berbagai tantangan, seperti pembelajaran jarak jauh, blended learning, dan penggunaan media digitalisasi dalam pembelajaran. Artikel ini merekomendasikan perlunya pelatihan yang terstruktur, dukungan kebijakan, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan pendidikan untuk mendorong transformasi digital yang efektif. Dengan demikian, guru tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga agen perubahan dalam mewujudkan pendidikan yang inovatif dan relevan dengan perkembangan zaman. Penguatan pembelajaran berbasis digitalisasi menjadi strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh serta menjawab tantangan globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut literasi digital dan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, serta komunikatif.
Unduhan
Referensi
1. M. Andi, "Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint bagi Guru Sekolah Dasar," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Andi Matappa, vol. 5, no. 2, pp. 145–153, 2023. [Online]. Available: https://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/matappa/article/view/905.
2. R. Hasan and S. Marlina, "Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Digital melalui Pelatihan Google Workspace for Education," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), vol. 6, no. 1, pp. 45–54, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/2990.
3. H. Widodo and D. Lestari, "Penerapan Inovasi Pembelajaran Digital di Masa Pandemi: Studi Kasus Guru SD di Malang," I-COM: Jurnal Ilmiah Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 22–29, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/i-com/article/view/5200.
4. R. Yuliana, "Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring bagi Guru Sekolah Menengah Pertama," Jurnal Abdine: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STTD Dumai, vol. 2, no. 1, pp. 30–38, 2023. [Online]. Available: https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/603.
5. N. Sari and L. Fatimah, "Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Dasar," JIPeMas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 77–85, 2022. [Online]. Available: https://riset.unisma.ac.id/index.php/jipemas/article/view/20697.
6. T. Hidayat and Nurhasanah, "Digitalisasi Pembelajaran melalui Pelatihan Media Interaktif untuk Guru Sekolah Dasar," Jurnal Abdika, vol. 7, no. 1, pp. 90–98, 2023. [Online]. Available: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/abdika/article/view/3413.
7. S. Anwar and N. Fadillah, "Pengembangan Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital melalui Pelatihan Canva untuk Guru," Jurnal Dedikasi Pendidikan Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 110–119, 2023. [Online]. Available: https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/dedukasi/article/view/21334.
8. Purnama, "Pelatihan Desain Pembelajaran Berbasis Digital untuk Guru Honorer di Wilayah Terpencil," VOKATEK: Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi, vol. 3, no. 2, pp. 45–53, 2022. [Online]. Available: https://journal.diginus.id/VOKATEK/article/view/109.
9. E. Ningsih, "Transformasi Digital dalam Pembelajaran Guru Sekolah Dasar di Era Merdeka Belajar," Jurnal Pendidikan dan Fisika, vol. 10, no. 1, pp. 55–62, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JPF/article/view/3487.
10. Syamsuddin and D. Rahayu, "Strategi Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Pembelajaran Digital," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangsa, vol. 2, no. 3, pp. 98–105, 2023. [Online]. Available: https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/article/view/1011.
11. Sulaiman, "Pendampingan Guru dalam Digitalisasi Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif," Jurnal PERDULI: Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 7, no. 1, pp. 112–120, 2023. [Online]. Available: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/perduli/article/view/30319.
12. Y. Pratama and R. Kurniawan, "Implementasi Platform Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 15, no. 3, pp. 87–95, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.its.ac.id/index.php/jtp/article/view/1587.
13. S. Fajar and H. Sari, "Pembelajaran Digital di Era Pandemi: Tantangan dan Solusi bagi Guru di Pedesaan," Jurnal Inovasi Pembelajaran, vol. 8, no. 2, pp. 58–65, 2021. [Online]. Available: https://journal.undiksha.ac.id/index.php/inovasi/article/view/702.
14. Lestari and S. Hadi, "Penggunaan Teknologi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Kreativitas Guru," Jurnal Abdi Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 42–50, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.stmik-cybermedia.ac.id/index.php/abdi/article/view/342.
15. R. Wati and M. Zaini, "Pelatihan Guru dalam Menggunakan Aplikasi Pendidikan Berbasis Web untuk Pembelajaran Daring," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat IT, vol. 10, no. 4, pp. 99–106, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpkm/article/view/875.
16. N. Rahmawati and B. Sugiharto, "Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Digital untuk Peningkatan Kinerja Guru," Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 16, no. 3, pp. 45–53, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.um.ac.id/index.php/jpp/article/view/2153.
17. S. Firmansyah and M. Wahyudi, "Pelatihan Pembelajaran Digital melalui Aplikasi Moodle untuk Guru Sekolah Dasar," Jurnal Abdimas Teknologi, vol. 9, no. 2, pp. 22–30, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.unpad.ac.id/abdimas/article/view/3761.
18. F. Mulyani and A. Risa, "Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital pada Guru di Sekolah Menengah Kejuruan," Jurnal Teknologi Pendidikan & Inovasi, vol. 7, no. 1, pp. 81–89, 2023. [Online]. Available: https://journal.untirta.ac.id/index.php/jpti/article/view/2224.
19. S. Supriyadi and R. Kristanto, "Transformasi Digital Guru dalam Menghadapi Era Pembelajaran Daring," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 10, no. 1, pp. 15–23, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.kemdikbud.go.id/jpk/article/view/1137.
20. S. Ariani and D. Setiawan, "Penguatan Pembelajaran Digital pada Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Menengah," Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 11, no. 3, pp. 99–107, 2022. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpi/article/view/2609.
21. Kurniawan and E. Wahyuni, "Pelatihan Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Menengah," Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas (JPMU), vol. 8, no. 1, pp. 71–78, 2023. [Online]. Available: https://jpmu.sttbandung.ac.id/article/view/2835.
22. Darmawan and D. Dwinanda, "Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Inovasi Guru," Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia, vol. 9, no. 2, pp. 60–70, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.ui.ac.id/index.php/jpmui/article/view/2824.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 yadi (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.