Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Untuk Mendukung Peningkatan Rapot Mutu Pendidikan
Kata Kunci:
mutu, rapot, kualitas, Program Benahi, Kurikulum merdekaAbstrak
Peningkatan mutu pendidikan masih menjadi unsur utama dalam menciptakan kualitas pembelajaran yang
optmal, melalui program monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah melalui survey
lingkungan belajar yang ada di satuan pendidikan, bertujuan untuk mengumpulkan data di sekolah. Hal ini
menjadi salah satu bentuk nyata pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan
berkesinambungan, rapot mutu pendidikan sebagai hasil akhir dari survey yang dilakukan oleh pemerintah
untuk memberikan konstribusi nyata kepada satuan pendidikan agar peningkatan kapasitas satuan
pendidikan menjadi lebih optimal, baik pada peningkatan sarana prasarana, sumber daya manusia bahkan
pada kualitas bahan ajar di satuan pendidikan. Oleh sebab itu satuan pendidikan harus terus berupaya
menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan agar ketercapaian pembelajaran menjadi semakin baik.
Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengumpulkan, menganalisis,
dan menginterpretasi data yang relevan dengan mutu pendidikan, serta menggunakan data tersebut untuk
merancang kebijakan pendidikan yang lebih efektif. Program ini diharapkan dapat meningkatkan
pemahaman tentang pentingnya perencanaan berbasis data, meningkatkan kualitas rapot mutu
pendidikan, serta mendorong pengelola pendidikan untuk membuat keputusan yang lebih berbasis bukti.
Metode pelaksanaan meliputi sesi teori tentang perencanaan berbasis data dan teknik analisis data, serta
sesi praktek yang melibatkan peserta dalam merancang rencana pendidikan berbasis data. Evaluasi
dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta, serta pemantauan
implementasi hasil pelatihan di lapangan. Hasil dari program ini diharapkan dapat berkontribusi pada
peningkatan mutu pendidikan yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan.
Unduhan
Referensi
Arifin, Z. (2017). "Penerapan Perencanaan Berbasis Data dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 5(2), 123-130.
Lestari, S., & Wulandari, T. (2018). "Analisis Data Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan
dalam Pendidikan." Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 4(1), 55-64.
Rahman, M. T. (2019). "Implementasi Data-Driven Decision Making di Sekolah Dasar." Jurnal
Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 6(3), 89-97.
Suryani, R., & Putra, I. K. (2020). "Pengaruh Pelatihan Berbasis Data terhadap Kinerja Guru."
Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(2), 102-110.
Wahyuni, I. (2020). "Peran Data dalam Perencanaan Strategis Pendidikan." Jurnal Pendidikan
Nasional, 9(1), 45-52.
Kurniawan, A. (2019). "Pemanfaatan Teknologi untuk Analisis Data Pendidikan." Jurnal
Teknologi Pendidikan Indonesia, 3(4), 71-79.
Prasetyo, H. (2018). "Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu
Sekolah." Jurnal Sistem Informasi Pendidikan, 6(2), 98-107.
Nurhadi, M. (2021). "Evaluasi Berbasis Data untuk Perencanaan Program Pendidikan." Jurnal
Evaluasi Pendidikan Indonesia, 8(3), 120-129.
Handayani, L. (2020). "Efektivitas Pelatihan Guru dalam Penggunaan Data Pendidikan."
Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 5(3), 134-142.
Saputra, E. (2019). "Kendala dalam Implementasi Perencanaan Berbasis Data di Sekolah
Menengah." Jurnal Kebijakan dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 54-63.
Yuliani, D., & Ahmad, S. (2021). "Penerapan Data sebagai Dasar Perencanaan
Pembelajaran." Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 10(2), 89-97.
Santoso, B. (2020). "Manajemen Berbasis Data untuk Meningkatkan Kinerja Sekolah." Jurnal
Administrasi Pendidikan Indonesia, 8(1), 65-72.
Purnamasari, R. (2021). "Pemanfaatan Data Hasil Ujian Nasional dalam Perencanaan
Strategis Sekolah." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 11(3), 101-109.
Sukmawati, E., & Hartono, R. (2018). "Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Data-Driven
Decision Making." Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia, 6(2), 89-96.
Cahyono, A. (2019). "Strategi Pengambilan Keputusan Berbasis Data di Sekolah Dasar."
Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(3), 78-85.
Wijayanti, S. (2020). "Hubungan Antara Penggunaan Data dan Kinerja Guru." Jurnal
Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 99-106.
Fitriani, N. (2021). "Implementasi Teknologi Informasi dalam Analisis Data Pendidikan."
Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 9(1), 47-56.
Rizky, H. (2020). "Optimalisasi Data Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran."
Jurnal Pendidikan Indonesia Maju, 7(4), 115-123.
Sukardi, D. (2021). "Efektivitas Perencanaan Pendidikan Berbasis Data di Sekolah
Menengah Atas." Jurnal Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, 10(1), 58-67.
Wulandari, T., & Satria, D. (2019). "Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Data
Evaluasi." Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 8(3), 95-104.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yadi, Efan (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.