Pelatihan Perencanaan Berbasis Data Untuk Mendukung Peningkatan Rapot Mutu Pendidikan

Penulis

  • Yadi Institut Teknologi Pagar Alam Penulis
  • Efan Institut Teknologi Pagar Alam Penulis

Kata Kunci:

mutu, rapot, kualitas, Program Benahi, Kurikulum merdeka

Abstrak

Peningkatan mutu pendidikan masih menjadi unsur utama dalam menciptakan kualitas pembelajaran yang 
optmal, melalui program monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah melalui survey 
lingkungan belajar yang ada di satuan pendidikan, bertujuan untuk mengumpulkan data di sekolah. Hal ini 
menjadi salah satu bentuk nyata pemerintah untuk mewujudkan pendidikan yang merata dan 
berkesinambungan, rapot mutu pendidikan sebagai hasil akhir dari survey yang dilakukan oleh pemerintah 
untuk memberikan konstribusi nyata kepada satuan pendidikan agar peningkatan kapasitas satuan 
pendidikan menjadi lebih optimal, baik pada peningkatan sarana prasarana, sumber daya manusia bahkan 
pada kualitas bahan ajar di satuan pendidikan. Oleh sebab itu satuan pendidikan harus terus berupaya 
menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan agar ketercapaian pembelajaran menjadi semakin baik. 
Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam mengumpulkan, menganalisis, 
dan menginterpretasi data yang relevan dengan mutu pendidikan, serta menggunakan data tersebut untuk 
merancang kebijakan pendidikan yang lebih efektif. Program ini diharapkan dapat meningkatkan 
pemahaman tentang pentingnya perencanaan berbasis data, meningkatkan kualitas rapot mutu 
pendidikan, serta mendorong pengelola pendidikan untuk membuat keputusan yang lebih berbasis bukti. 
Metode pelaksanaan meliputi sesi teori tentang perencanaan berbasis data dan teknik analisis data, serta 
sesi praktek yang melibatkan peserta dalam merancang rencana pendidikan berbasis data. Evaluasi 
dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman peserta, serta pemantauan 
implementasi hasil pelatihan di lapangan. Hasil dari program ini diharapkan dapat berkontribusi pada 
peningkatan mutu pendidikan yang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Arifin, Z. (2017). "Penerapan Perencanaan Berbasis Data dalam Meningkatkan Mutu

Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 5(2), 123-130.

Lestari, S., & Wulandari, T. (2018). "Analisis Data Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan

dalam Pendidikan." Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 4(1), 55-64.

Rahman, M. T. (2019). "Implementasi Data-Driven Decision Making di Sekolah Dasar." Jurnal

Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 6(3), 89-97.

Suryani, R., & Putra, I. K. (2020). "Pengaruh Pelatihan Berbasis Data terhadap Kinerja Guru."

Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 7(2), 102-110.

Wahyuni, I. (2020). "Peran Data dalam Perencanaan Strategis Pendidikan." Jurnal Pendidikan

Nasional, 9(1), 45-52.

Kurniawan, A. (2019). "Pemanfaatan Teknologi untuk Analisis Data Pendidikan." Jurnal

Teknologi Pendidikan Indonesia, 3(4), 71-79.

Prasetyo, H. (2018). "Pengembangan Sistem Informasi Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu

Sekolah." Jurnal Sistem Informasi Pendidikan, 6(2), 98-107.

Nurhadi, M. (2021). "Evaluasi Berbasis Data untuk Perencanaan Program Pendidikan." Jurnal

Evaluasi Pendidikan Indonesia, 8(3), 120-129.

Handayani, L. (2020). "Efektivitas Pelatihan Guru dalam Penggunaan Data Pendidikan."

Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 5(3), 134-142.

Saputra, E. (2019). "Kendala dalam Implementasi Perencanaan Berbasis Data di Sekolah

Menengah." Jurnal Kebijakan dan Manajemen Pendidikan, 7(1), 54-63.

Yuliani, D., & Ahmad, S. (2021). "Penerapan Data sebagai Dasar Perencanaan

Pembelajaran." Jurnal Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran, 10(2), 89-97.

Santoso, B. (2020). "Manajemen Berbasis Data untuk Meningkatkan Kinerja Sekolah." Jurnal

Administrasi Pendidikan Indonesia, 8(1), 65-72.

Purnamasari, R. (2021). "Pemanfaatan Data Hasil Ujian Nasional dalam Perencanaan

Strategis Sekolah." Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 11(3), 101-109.

Sukmawati, E., & Hartono, R. (2018). "Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Data-Driven

Decision Making." Jurnal Profesi Pendidikan Indonesia, 6(2), 89-96.

Cahyono, A. (2019). "Strategi Pengambilan Keputusan Berbasis Data di Sekolah Dasar."

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(3), 78-85.

Wijayanti, S. (2020). "Hubungan Antara Penggunaan Data dan Kinerja Guru." Jurnal

Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 99-106.

Fitriani, N. (2021). "Implementasi Teknologi Informasi dalam Analisis Data Pendidikan."

Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 9(1), 47-56.

Rizky, H. (2020). "Optimalisasi Data Pendidikan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran."

Jurnal Pendidikan Indonesia Maju, 7(4), 115-123.

Sukardi, D. (2021). "Efektivitas Perencanaan Pendidikan Berbasis Data di Sekolah

Menengah Atas." Jurnal Manajemen dan Kebijakan Pendidikan, 10(1), 58-67.

Wulandari, T., & Satria, D. (2019). "Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pemanfaatan Data

Evaluasi." Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan, 8(3), 95-104.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-19