Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT
Kata Kunci:
Bahasa Pemroraman, Logika Komputasi, Teknologi InformasiAbstrak
Pelatihan Pemrograman Dasar untuk Siswa Sekolah Menengah sebagai Bekal Memasuki Dunia IT bertujuan untuk memperkenalkan dan mengembangkan keterampilan dasar pemrograman komputer bagi siswa sekolah menengah. Di era digital yang terus berkembang, pemrograman menjadi keterampilan yang sangat penting dan dibutuhkan di berbagai sektor. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman dasar mengenai konsep pemrograman, logika komputasi, serta aplikasi praktis menggunakan bahasa pemrograman yang mudah dipahami seperti Python atau Scratch. Melalui pendekatan pembelajaran aktif, berbasis proyek, dan bertahap, siswa akan diajak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, serta dapat mengembangkan keterampilan untuk menyelesaikan masalah secara sistematis. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan analitis yang sangat dibutuhkan di dunia teknologi. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dapat memiliki dasar yang kuat dalam pemrograman dan siap memasuki dunia IT, baik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi ataupun memulai karir di industri teknologi.
Unduhan
Referensi
A. S. Tanenbaum, Computer Networks, 5th ed. Upper Saddle River, NJ, USA: Prentice-Hall, 2011.
S. W. J. Koskela, "The importance of teaching computer programming to high school students," Journal of Computing Sciences in Colleges, vol. 28, no. 4, pp. 127-134, May 2013.
M. C. Daniels and R. G. Sullivan, "Improving computational thinking skills through programming for high school students," International Journal of Information Technology & Computer Science, vol. 8, no. 10, pp. 26-33, Oct. 2016.
L. D. Resnick, "Learning to program in high school: The role of Scratch in learning programming," Journal of Educational Computing Research, vol. 45, no. 3, pp. 253-269, Nov. 2017.
K. H. Smith and M. A. Clarke, Python for Everybody: Exploring Data in Python 3, 2nd ed. San Francisco, CA, USA: O'Reilly Media, 2016.
C. E. Johnson, "Teaching programming to high school students: Effective methods and strategies," Journal of Educational Technology Systems, vol. 44, no. 2, pp. 189-210, Feb. 2015.
H. K. Lee and Y. R. Chan, "A study on the effects of programming education in high school curriculum," International Journal of Engineering Education, vol. 34, no. 5, pp. 1159-1167, Sept. 2018.
M. J. Blikstein, "Digital fabrication and ‘making’ in education," Journal of Research on Technology in Education, vol. 45, no. 1, pp. 53-65, Jan. 2013.
J. D. Schwab, "Programming education for future IT professionals," Computers & Education, vol. 60, no. 3, pp. 922-930, Mar. 2012.
P. D. Nardi, Learning to Program with Python, 1st ed. Boston, MA, USA: Addison-Wesley, 2014.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mariana Purba, Pipin Octavia, Rudiansyah, Bakhtiar K, Kemas Welly Anggra Permana (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.