Pembelajaran dan Asesmen Pada Satuan Pendidikan Anak Usia DIni
Kata Kunci:
Pembelajaran, Asesmen, Pendidikan Anak Usia Dini.Abstrak
Pembelajaran dan asesmen memegang peranan penting dalam mendukung perkembangan anak usia dini (AUD) di satuan Pendidikan, dalam konteks pendidikan anak usia dini, penting untuk memahami bahwa setiap anak memiliki keunikan dan tempo perkembangan yang berbeda. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang diterapkan harus fleksibel dan responsif terhadap kebutuhan individu anak. Melalui asesmen awal guru dapat mewujudkan pembelajaran terdiferensiasi. Tujuan kegiatan Loka Karya Pembelajaran dan Asesmen Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini tersebut peserta diharapankan memahami urgensitas asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi, mampu merancang dan mengimplementasikan asesmen awal pembelajaran serta dapat merancang pembelajaran terdiferensiasi sesuai dengan hasil asesmen awal, selain itu, bagi kepala sekolah dan pengawas diharapkan memahami bentuk pendampingan kepada guru dalam menyusun dan melaksanakan asesmen awal dan pembelajaran terdiferensiasi. Adapun metode yang digunakan kegiatan tersebut antara lain pra pelaksanaan fasilitator dan peserta mempersiapkan media pembelajaran yang akan digunakan, pelaksanaan dimulai dengan doa bersama, sesi dimulai dari diri, eksplorasi konsep, kolaborasi, demontrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, aksi nyata. Hasil dari Loka Karya tersebut peserta memahami materi pembelajaran dan asesmen dan dengan baik, hal ini terlihat dari antusiasme peserta dalam berdiskusi interaktif, hasil kerja kelompok yang dipaparkan serta pembuatan aksi nyata yang akan peserta laksanakan di satuan Pendidikan masing-masing.
Unduhan
Referensi
Y. K. G. S. Z. &. T. T. Setiawan, "Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Asesmen pada Pembelajaran Seni Rupa di SMA," Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 5, pp. 1584-1594, 2023.
A. Muktamar, "Optimalisasi Pembelajaran Melalui Implementasi Asesmen Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka," Journal of Internasional Multidisciplinary Research, vol. 2, no. 4, pp. 10-18, 2024.
M. S. P. G. S. W. M. R. Juniantari, "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 3 pada Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran," Briliant Jurnal Riset dan Konseptual, vol. 6, no. 3, pp. 646-658, 2021.
R. F. U. M. B. S. M. S. N. F. &. H. Qadar, "Dampak Asesmen Sebaya pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontang," in Seminat Nasional Pendidikan IPA Tahun 2021, Bontang, 2017.
Distiliana, Konsep Pemikiran Burhanudian Al Zarnuji dan Game Star dalam Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini, Surabaya: CV. Global Aksara Pers, 2021.
D. J. P. A. U, "Strategi GUru dalam Pembelajaran Holistik pada Pendidikan Anak usia Dini," Jurnal Obsesi, vol. 3, no. 6, pp. 1429-1438, 2022.
H. O. Distiliana., "Penerapan Coaching oleh Dosen dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Univeristas Palembang," Journal of Education dan Instruction (JOEAI), vol. 6, no. 2, pp. 631-639, 2023.
S. &. S. D. Maghfiroh, "Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 1, no. 5, pp. 1560-1566, 2021.
A. Saputra, "Pendidikan Anak Usia Dini," At Ta'dib, Vols. -, no. -, pp. 192-209, 2018.
A. e. a. Ramatna, "Proses Pembelajaran dan Asesmen Yang Efektif," Journal of Education, vol. 4, no. 5, pp. 15729-15743, 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Disti Liana (Penulis)

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.